Bawaslu Kabupaten Barru menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi DPSHP Akhir


RADAR-BARRU.COM– Ketua Bawaslu Kabupaten Barru Abdul Mannan menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan kesamaan persepsi khususnya dalam tahapan Pengawasan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), Perbaikan DPS dan Penyusunan DPS Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir.

“Bawaslu berupaya melakukan pencegahan pelanggaran, pada setiap tahapan Pemilu 2024, termasuk pada tahapan penyusunan DPS,”kata Abdul Mannan saat memberikan sambutan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Lt. 6 Kantor Bupati Barru, 

Menurutnya, kita harus pastikan hak pilih tidak ada yang terlewatkan, melalui data dan informasi hasil pengawasan akan dijadikan rujukan dalam memberikan masukan, imbauan dan saran perbaikan kepada saudara kita KPU Kabupaten Barru.

Lalu lanjut dia, strategi yang dapat digunakan dalam melaksanakan pengawasan ada dua cara, yaitu memastikan prosedur dan memastikan kualitas daftar pemilih.

“Strategi ini digunakan karena Bawaslu tidak memperoleh data lengkap dalam pengawasan daftar pemilih,”terangnya.

Lulusan Universitas Muslim Indonesia, Makassar itu juga menyampaikan dengan hadirnya Bawaslu dan KPU saat ini akan memberikan pandangan yang lain bahwa Bawaslu dan KPU bersatu tetapi bukan berarti bekerja sama namun bekerja bersama-sama. Kita ingin bagaimana Pemilu berjalan sesuai regulasi. Ini yang ingin kita bangun dari sekarang bagaimana membangun konsolidasi kita dan sinergitas kita.

Perlu diketahui, Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh seluruh Penyelenggara Pemilu Se-Kabupaten Barru yang terdiri atas Bawaslu Kabupaten dan seluruh jajaran pengawas ad hoc (Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa), dan KPU Kabupaten Barru beserta jajaran adhoc (PPK dan PPS).(*) 

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain