HANDEP Komitmen Ciptakan Kerajinan Rotan Premium Yang Mengedepankan Seni Anyam Dayak

Jakarta, Radar-Barru.com -- HANDEP merupakan bisnis sosial yang menawarkan produk rotan sustainable dan ethical hasil karya perempuan artisan Dayak dari Kalimantan Tengah,
 memperkenalkan koleksi terbarunya melalui Kalea Charity Bazaar 2023 yang diselenggarakan oleh Ai Syarief, Fashion Designer & President Of Lions Club Jakarta Centennial Monas Kalea di Jakarta Selatan, Minggu (10/12/2023).

Melalui produk rotan premium dengan desain kontemporer, HANDEP berharap dapat menarik perhatian masyarakat luas terhadap produk-produk artisanal yang menonjolkan keahlian, kualitas tinggi dan nilai budaya menawan, serta dibuat menggunakan bahan-bahan ramah
 lingkungan.

Co Founder HANDEP, Aini Abdul mengatakan produk-produk HANDEP diproduksi dengan memanfaatkan bahan alami berupa rotan yang ketersediannya masih melimpah di Kalimantan dan proses pengerjaan yang ramah lingkungan. 

"Produk yang dihasilkan berupa aksesoris fashion dan dekorasi rumah seperti tas, topi, keranjang, dan aksesoris lainnya, yang mengusung konsep sustainable fashion bertujuan untuk membantu menjaga lingkungan serta pelestarian hutan dan budaya masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah," ujar Aini dalam Konferensi pers di Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2023).

Dikatakan Aini, masyarakat Dayak Kalimantan Tengah mempunyai tradisi menganyam rotan dengan motif tribal ciri khas Dayak yang sangat unik, potensi tersebut kemudian dikembangkan menjadi produk yang dapat memperkenalkan keunikan dan ciri khas suku Dayak.

"Kami menggunakan konsep bisnis regenerative yang sifatnya sangat holistik dari sisi lingkungan, sosial dan ekonomi. Rotan yang membutuhkan hutan untuk hidup akhirnya menjadi senjata bagi HANDEP untuk menjaga hutan. Jika hutan terjaga, rotan tidak akan punah, dan sebaliknya," kata dia.

Selain itu, HANDEP juga bekerjasama dengan para desainer dan brand dengan visi serupa untuk menciptakan perubahan positif melalui kolaborasi kreatif dalam mengeksplorasi rotan. Handep mengedepankan komitmennya untuk menciptakan kerajinan rotan premium yang mengedepankan seni anyam Dayak yang tak lekang oleh waktu.

Sebagai informasi, HANDEP adalah social enterprise dan merek sustainable di Indonesia yang bekerja sama dengan pengrajin dan petani di Kalimantan Tengah untuk menciptakan perekonomian desa berkelanjutan alternatif yang selaras dengan kearifan leluhur melalui sumber daya lokal. Saat ini, HANDEP bekerja sama dengan lebih dari 200 perajin dari desa mitra di seluruh Indonesia di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bali, dan Banten. (Gbr)

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain